Minggu, 03 Juni 2012

Home » » MEMERIKSA HASIL PERBAIKAN

MEMERIKSA HASIL PERBAIKAN


1) Pemeriksaan Periferal

    Pemeriksaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah perbaikan sudah
    berhasil   atau   belum.   Pemeriksaan   dilakukan   mulai   dari   pengecekan
    kabel, pengetesan cetak untuk printer, dan pengecekan pada Device
    Manager      pada    komputer.    Pengecekan     pada  device     manager
    dilakukan   dengan    klik  kanan My    Computer      >>   Properties    >>
    Hardware >> Device Manager.

                     Gambar 23. Tampilan Device Manager


    Pada   kotak   dialog   tersebut   di   atas   terdapat   semua   hardware   yang
    terpasang pada   komputer. Apabila   hardware   tersebut sudah   terinstal
    dan terpasang dengan benar, maka tidak akan muncul tanda “!” pada
    hardware   tersebut.   Apabila   ada   kegagalan   dalam   pemasangan   atau
    penginstalan, akan terdapat tanda “!” pada hardware tersebut.

2) Penyusunan laporan

    Setiap terjadi kerusakan atau maintenance pada sebuah periferal perlu
    dilakukan pencatatan atau pembuatan laporan. Laporan dapat berupa
    log   sheet   atau   sejenisnya,   dengan    log  sheet   yang   dibuat   setiap
    melakukan       perbaikan     terhadap     periferal   akan     mempermudah
    pengecekan kondisi komputer dan periferalnya.
    Dalam logsheet yang perlu dilaporkan meliputi:

        Tanggal : waktu kapan dilakukan perbaikan suatu periferal

        Nama periferal : nama atau jenis periferal yang dimaintenance

        Gejala     kerusakan      :   gejala   dari  periferal   yang    mengalami
                                                kerusakan

       Tindakan   korektif   :   tindakan   yang   dilakukan   untuk   melakukan
                                           perbaikan terhadap periferal.

        Keterangan : dapat berupa hasil dari perbaikan periferal.

0 komentar: