Minggu, 03 Juni 2012

Home » » PARTISI PADA HARDDISK

PARTISI PADA HARDDISK


Hardisk adl sebuah komponen yang didalamnya berisi piringan magnetis yang berguna untuk menyimpan data. Perangkat keras ini didesain untuk menyimpan data dengan kapasitas yang besar. Sehingga ukuranya pun bervariasi tergantung kebutuhan penggguna.
     Partisi atau dalam bahasa inggrisnya partition merupakan proses pembagian ruang pada hardisk ke dalam bebrapa bagian. Selain untuk mempermudah penempatan data,partisi hardisk juga berguna untuk menyelamatkan dta kita, jika sewaktu-waktu partsisi utama (system c) diserang virus terjadi masalah yang mengharuskan kita untuk menginstal ulang.
Jenis – Jenis Partisi :
      Partisi secara hardware meliputi:

  • Multiprosesor, yang memungkinkan sub operasi dari sebuah query yang melibatkan join beberapa table dapat terjadi secara parallel.
  • RAID (redundant array of independent disk) akan mempercepat akses data baik membaca ataupun menulis ke dalam disk secara bersamaan karena distribusi data menyebar ke beberapa disk drive. Performance ini akan terlihat ketika terjadi operasi join yang melibatkan beberapa table di mana masing-masing table terletak di drive yang terpisah.


 Partisi vertical

    Implementasi partisi vertical adalah membagi kolom di dalam sebuah table (biasanya kolomnya terlalu banyak) menjadi dua atau lebih table. Tujuannya agar dapat menampung row sebanyak mungkin di dalam satu page pada sebuah table. Tipe partisi vertical ini dilakukan dengan cara normalisasi dan row splitting.

Partisi horizontal

    Partisi ini akan melakukan pengelompokan satu table yang memiliki row yang sangat banyak (biasanya jutaan row) menjadi beberapa table yang masing-masing menampung row yang lebih sedikit. Pembahasan ini akan lebih menitik beratkan implementasi partisi secara horizontal.le.

      Partisi Secara Software :

  • PRIMARY PARTITION Adl partisi yang hanya bias memiliki satu file system jumlah dari partisis minimal 4.
  • EXTENDED PARTITION Adl partisi yang menjadi wadah dari drive logical, partisi ini dapat memiliki beberapa partisi di dalamnya yaitu partisi logical. Tapi untuk partisi jenis ini maksimal 1, pada partisi ini tidak bias di isi file system. Partisi extended dan mengambil jatah partisi primary.
  • LOGICAL PARTITION Adl partisi yang menjadi bagian dari extended dimana apabila kita akan membuat file system di dalam extended harus memiliki partisi logical minimal 1.

0 komentar: